Tanyatek
Sejarah Sepeda Pizap_14
1.SELAMAT DATANG DI TANYATEK FORUM

2.SILAHKAN REGISTER ATAU LOGIN

3.ID YANG MELANGGAR PERATURAN AKAN DIHAPUS




Join the forum, it's quick and easy

Tanyatek
Sejarah Sepeda Pizap_14
1.SELAMAT DATANG DI TANYATEK FORUM

2.SILAHKAN REGISTER ATAU LOGIN

3.ID YANG MELANGGAR PERATURAN AKAN DIHAPUS


Tanyatek
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.
Like/Tweet/+1
Top posters
RanggaAlf (447)
Sejarah Sepeda Vote_lcapSejarah Sepeda Voting_barSejarah Sepeda Vote_rcap 
AriRahman (246)
Sejarah Sepeda Vote_lcapSejarah Sepeda Voting_barSejarah Sepeda Vote_rcap 
FarhanRamadhanS (177)
Sejarah Sepeda Vote_lcapSejarah Sepeda Voting_barSejarah Sepeda Vote_rcap 
KrishnaDM (153)
Sejarah Sepeda Vote_lcapSejarah Sepeda Voting_barSejarah Sepeda Vote_rcap 
ilmi (149)
Sejarah Sepeda Vote_lcapSejarah Sepeda Voting_barSejarah Sepeda Vote_rcap 
humamrizqa (141)
Sejarah Sepeda Vote_lcapSejarah Sepeda Voting_barSejarah Sepeda Vote_rcap 
MhaniifKH (112)
Sejarah Sepeda Vote_lcapSejarah Sepeda Voting_barSejarah Sepeda Vote_rcap 
Syarief MASTER (83)
Sejarah Sepeda Vote_lcapSejarah Sepeda Voting_barSejarah Sepeda Vote_rcap 
SuaraIndonesia (77)
Sejarah Sepeda Vote_lcapSejarah Sepeda Voting_barSejarah Sepeda Vote_rcap 
BagjaJP (67)
Sejarah Sepeda Vote_lcapSejarah Sepeda Voting_barSejarah Sepeda Vote_rcap 

Latest topics
» FAJAR NUSANTARA (member)
Sejarah Sepeda EmptySat Mar 28, 2015 11:11 am by zulfikarMuhajir

» ini dia para pemenang KERRANG AWARD 2013
Sejarah Sepeda EmptyFri Jul 05, 2013 8:39 pm by AriRahman

» Metallica Tour Ke Indonesia Agustus Ini
Sejarah Sepeda EmptyFri Jul 05, 2013 8:35 pm by AriRahman

» Williams F1 resmi menandatangani kontrak dengan Mercedes untuk 2014
Sejarah Sepeda EmptyFri Jul 05, 2013 8:32 pm by ilmi

» ayo idupin lagi tanyatek bro sis!!
Sejarah Sepeda EmptyFri Jul 05, 2013 8:32 pm by AriRahman

» Mod Motor (satria FU) GTA Sa
Sejarah Sepeda EmptyFri Jul 05, 2013 8:14 pm by zulfikarMuhajir

» Make real money online http://www.dollarsincome.com
Sejarah Sepeda EmptySun Apr 14, 2013 2:54 am by humamrizqa

» Map Java Executive Haulin
Sejarah Sepeda EmptyThu Sep 06, 2012 4:27 pm by Arif Irawan

» Model potongan rambut unik dan "Berani"
Sejarah Sepeda EmptyFri Aug 17, 2012 9:47 pm by MhaniifKH

Poll

Siapa yang setuju forum ini pindah ke Invision Power Board?

Sejarah Sepeda Vote_lcap47%Sejarah Sepeda Vote_rcap 47% [ 7 ]
Sejarah Sepeda Vote_lcap53%Sejarah Sepeda Vote_rcap 53% [ 8 ]

Total Suara : 15


Sejarah Sepeda

4 posters

Go down

Sejarah Sepeda Empty Sejarah Sepeda

Post  MhaniifKH Fri Feb 10, 2012 10:10 pm

Sejarah
Sepeda adalah alat transportasi yang dikenal di Indonesia dengan nama Kereta Angin, karena digerakkan tanpa menggunakan motor. Dari bangunan itulah Sepeda motor itu berasal.
Konon nenek moyang sepeda berasal dari Prancis. Sejak awal abad ke-18, alat transportasi roda dua yang dinamai velocipede dikenal di negara tersebut. Kontruksinya pun masih sangat sederhana, karena belum menggunakan besi. Dengan model yang masih sangat “primit”, sepeda saat itu tidak menggunakan tongkat kemudi (setang), dan konstruksinya dari kayu.


Baron Karls Drais von Sauerbronn seorang pria Jerman. Atas dasar pengabdian kerjanya (penjaga hutan), dia menyempurnakan velocipede. Sepeda modern mulai terbentuk pada tahun 1839, oleh seorang warga negara Skotlandia yang bernama Kirkpatrick MacMillan.

Sedangkan penyempurnaan sepedadi lakukan oleh Ernest Michaux, Prancis pada tahun 1855, dengan membuat pemberat engkol. Kesempurnaan Sepeda modern lebih diperkuat lagi oleh seorang warga Negara Prancis juga yang bernama Pierre Lalle ment pada tahun 1865, dimana dia memperkuat roda dengan menggunakan lingkaran besi disekelilingnya (pelek atau velg). Lellement juga yang memperkenalkan sepeda dengan roda depan lebih besar daripada roda belakang."

Sejarah sepeda bermula di Eropa. Sekitar tahun 1790, sebuah sepeda pertama berhasil dibangun di Inggris. Cikal bakal sepeda ini diberi nama Hobby Horses dan Celeriferes. Keduanya belum punya mekanisme sepeda zaman sekarang, batang kemudi dan sistem pedal. Yang ada hanya dua roda pada sebuah rangka kayu. Bisa dibayangkan, betapa canggung dan besar tampilan kedua sepeda tadi. Meski begitu, mereka cukup menolong orang-orang pada masa itu untuk berjalan.

Penemuan fenomenal dalam kisah masa lalu sepeda tercipta berkat Baron Karl Von Drais. Von Drais yang tercatat sebagai mahasiswa matematik dan mekanik di Heidelberg, Jerman berhasil melakukan terobosan penting, yang ternyata merupakan peletak dasar perkembangan sepeda selanjutnya. Oleh Von Drais, Hobby Horse dimodifikasi hingga mempunyai mekanisme kemudi pada bagian roda depan. Dengan mengambil tenaga gerak dari kedua kaki, Von Drais mampu meluncur lebih cepat saat berkeliling kebun. Ia sendiri menyebut kendaraan ini dengan nama, Draisienne. Beritanya sendiri dimuat di koran lokal Jerman pada 1817. Proses penciptaan selanjutnya dilakukan Kirkpatrick Macmillan. Pada tahun 1839, ia menambahkan batang penggerak yang menghubungkan antara roda belakang dengan ban depan Draisienne. Untuk menjalankannya, tinggal mengayuh pedal yang ada.

James Starley mulai membangun sepeda di Inggris di tahun 1870. Ia memproduksi sepeda dengan roda depan yang sangat besar (high wheel bicycle) sedang roda belakangnya sangat kecil. Sepeda jenis ini sangat populer di seluruh Eropa. Sebab Starley berhasil membuat terobosan dengan mencipta roda berjari-jari dan metode cross-tangent. Sampai kini, kedua teknologi itu masih terus dipakai. Buntutnya, sepeda menjadi lebih ringan untuk dikayuh. Sayangnya, sepeda dengan roda yang besar itu memiliki banyak kekurangan. Ini menjadi dilema bagi orang-orang yang berperawakan mungil dan wanita. Karena posisi pedal dan jok yang cukup tinggi, mereka mengeluhkan kesulitan untuk mengendarainya.

Sampai akhirnya, keponakan James Starley, John Kemp Starley menemukan solusinya. Ia menciptakan sepeda yang lebih aman untuk dikendarai oleh siapa saja pada 1886. Sepeda ini sudah punya rantai untuk menggerakkan roda belakang dan ukuran kedua rodanya sama. Namun penemuan tak kalah penting dilakukan John Boyd Dunlop pada 1888. Dunlop berhasil menemukan teknologi ban sepeda yang bisa diisi dengan angin (pneumatic tire). Dari sinilah, awal kemajuan sepeda yang pesat. Beragam bentuk sepeda berhasil diciptakan. Seperti diketahui kemudian, sepeda menjadi kendaraan yang mengasyikkan. Di Indonesia, perkembangan sepeda banyak dipengaruhi oleh kaum penjajah, terutama Belanda. Mereka memboyong sepeda produksi negerinya untuk dipakai berkeliling menikmati segarnya alam Indonesia. Kebiasaan itu menular pada kaum pribumi berdarah biru. Akhirnya, sepeda jadi alat transpor yang bergengsi.

Seperti ditulis Ensiklopedia Columbia, nenek moyang sepeda diperkirakan berasal dari Prancis. Menurut kabar sejarah, negeri itu sudah sejak awal abad ke-18 mengenal alat transportasi roda dua yang dinamai velocipede. Bertahun-tahun, velocipede menjadi satu-satunya istilah yang merujuk hasil rancang bangun kendaraan dua roda. Yang pasti, konstruksinya belum mengenal besi. Modelnya pun masih sangat “primitif”. Ada yang bilang tanpa engkol, pedal tongkat kemudi (setang). Ada juga yang bilang sudah mengenal engkol dan setang, tapi konstruksinya dari kayu.

Adalah seorang Jerman bernama Baron Karls Drais von Sauerbronn yang pantas dicatat sebagai salah seorang penyempurna velocipede. Tahun 1818, von Sauerbronn membuat alat transportasi roda dua untuk menunjang efisiensi kerjanya. Sebagai kepala pengawas hutan Baden, ia memang butuh sarana transportasi bermobilitas tinggi. Tapi, model yang dikembangkan tampaknya masih mendua, antara sepeda dan kereta kuda. Sehingga masyarakat menjuluki ciptaan sang Baron sebagai dandy horse.

Baru pada 1839, Kirkpatrick MacMillan, pandai besi kelahiran Skotlandia, membuatkan “mesin” khusus untuk sepeda. Tentu bukan mesin seperti yang dimiliki sepeda motor, tapi lebih mirip pendorong yang diaktifkan engkol, lewat gerakan turun-naik kaki mengayuh pedal. MacMillan pun sudah “berani” menghubungkan engkol tadi dengan tongkat kemudi (setang sederhana).

Sedangkan ensiklopedia Britannica.com mencatat upaya penyempurnaan penemu Prancis, Ernest Michaux pada 1855, dengan membuat pemberat engkol, hingga laju sepeda lebih stabil. Makin sempurna setelah orang Prancis lainnya, Pierre Lallement (1865) memperkuat roda dengan menambahkan lingkaran besi di sekelilingnya (sekarang dikenal sebagai pelek atau velg). Lallement juga yang memperkenalkan sepeda dengan roda depan lebih besar daripada roda belakang. Namun kemajuan paling signifikan terjadi saat teknologi pembuatan baja berlubang ditemukan, menyusul kian bagusnya teknik penyambungan besi, serta penemuan karet sebagai bahan baku ban. Namun, faktor safety dan kenyamanan tetap belum terpecahkan. Karena teknologi suspensi (per dan sebagainya) belum ditemukan, goyangan dan guncangan sering membuat penunggangnya sakit pinggang. Setengah bercanda, masyarakat menjuluki sepeda Lallement sebagai boneshaker (penggoyang tulang). Sehingga tidak heran jika di era 1880-an, sepeda tiga roda yang dianggap lebih aman buat wanita dan laki-laki yang kakinya terlalu pendek untuk mengayuh sepeda konvensional menjadi begitu populer. Trend sepeda roda dua kembali mendunia setelah berdirinya pabrik sepeda pertama di Coventry, Inggris pada 1885. Pabrik yang didirikan James Starley ini makin menemukan momentum setelah tahun 1888 John Dunlop menemukan teknologi ban angin. Laju sepeda pun tak lagi berguncang.

Penemuan lainnya, seperti rem, perbandingan gigi yang bisa diganti-ganti, rantai, setang yang bisa digerakkan, dan masih banyak lagi makin menambah daya tarik sepeda. Sejak itu, berjuta-juta orang mulai menjadikan sepeda sebagai alat transportasi, dengan Amerika dan Eropa sebagai pionirnya. Meski lambat laun, perannya mulai disingkirkan mobil dan sepeda motor, sepeda tetap punya pemerhati. Bahkan penggemarnya dikenal sangat fanatik.

Kini, sepeda punya beragam nama dan model. Ada sepeda roda tiga buat balita, sepeda mini, “sepeda kumbang”, hingga sepeda tandem buat dikendarai bersama. Bahkan olahraga balap sepeda mengenal sedikitnya tiga macam perangkat lomba. Yakni “sepeda jalan raya” untuk jalanan mulus yang memiliki sampai 16 kombinasi gir yang berbeda, “sepeda track” dengan hanya 1 gigi serta “sepeda gunung” yang memiliki 24 gigi.

Jenis-Jenis Sepeda
Kini sepeda mempunyai beragam nama dan model. Pengelompokan biasanya berdasarkan fungsi dan ukurannya.
Sepeda gunung-digunakan untuk lintasan off-road dengan rangka yang kuat, memiliki suspensi, dan kombinasi kecepatan sampai 27.
Sepeda jalan raya-digunakan untuk balap jalan raya, bobot keseluruhan yang ringan, ban halus untuk mengurangi gesekan dengan jalan, kombinasi kecepatan sampai 27
Sepeda BMX-BMX merupakan kependekan dari bicycle moto-cross, banyak digunakan untuk atraksi
Sepeda mini-termasuk dalam kelompok ini adalah sepeda anak-anak, baik beroda dua maupun beroda tiga
Sepeda angkut-termasuk dalam kelompok ini adalah sepeda kumbang, sepeda pos
Sepeda lipat-merupakan jenis sepeda yang bisa dilipat dalam hitungan detik sehingga bisa dibawa ke mana-mana dengan mudah
Sepeda Balap - Sepeda yang model handlernya setengah lingkaran dan digunakan untuk balapan.
Sepeda Motor - bertenaga mesin dengan mengunakan bahan bakar berjenis bensin sebagai sumber daya utamanya. Dengan semakin berkembangnya teknlogi pada industri kendaraan roda dua ini, sepeda motor injeksi pun kini mulai di produksi sebagaian besar produsen otomotif di Indonesia
MhaniifKH
MhaniifKH
Baru Tanya
Baru Tanya

Jumlah posting : 112
Points : 793
Reputation : 16
Join date : 07.02.12
Age : 26
Lokasi : Bandung

https://www.facebook.com/MhaniifKH

Kembali Ke Atas Go down

Sejarah Sepeda Empty Re: Sejarah Sepeda

Post  RanggaAlf Sat Feb 11, 2012 7:00 am

nais inpo gan cheers

test:
RanggaAlf
RanggaAlf
Mastah
Mastah

Jumlah posting : 447
Points : 2585
Reputation : 24
Join date : 07.02.12
Age : 26
Lokasi : Kuvukiland

http://twitter.com/RanggaAlf

Kembali Ke Atas Go down

Sejarah Sepeda Empty Re: Sejarah Sepeda

Post  KrishnaDM Sat Feb 11, 2012 3:57 pm

beda ya yang suka naik sepedah mah ._.V lol! lol! lol!
KrishnaDM
KrishnaDM
Baru Tanya
Baru Tanya

Jumlah posting : 153
Points : 816
Reputation : 7
Join date : 07.02.12
Age : 26
Lokasi : Bandung

https://twitter.com/#!/krshndwika

Kembali Ke Atas Go down

Sejarah Sepeda Empty Re: Sejarah Sepeda

Post  dwibudi Thu Feb 23, 2012 3:19 pm

ijin nyimak gan
dwibudi
dwibudi
Newbie
Newbie

Jumlah posting : 13
Points : 28
Reputation : 8
Join date : 22.02.12

Kembali Ke Atas Go down

Sejarah Sepeda Empty Re: Sejarah Sepeda

Post  Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik